Di Balik Rasa Pedasnya, Ini 5 Manfaat Makan Cabe bagi Kesehatan

Apakah Anda penyuka makanan pedas? Pernahkah Anda bertanya, sebenarnya cabe memiliki manfaat atau tidak? Ternyata dibalik ukuran yang kecil dan rasa pedasnya yang membuat ketagihan sekaligus meringis, cabe memiliki banyak manfaat, lho! Mari simak ulasan lengkap di bawah ini untuk tahu apa saja kandungan gizi serta khasiat dari cabe.

Kandungan nutrisi di dalam cabe

Cabe adalah bahan makanan yang masih satu keluarga dengan paprika dan tomat, lebih tepatnya di bawah genus Capsicum.

Ternyata, cabe dan tumbuhan di genus Capsicum lainnya masuk ke dalam kategori buah, bukan sayuran. Ada beberapa jenis cabe yang biasa kita temui di Indonesia, yaitu cabe rawit dan cabe merah.

Walaupun bentuknya tidak besar, seperti kata pepatah ‘kecil-kecil cabe rawit’, ternyata cabe memiliki berbagai macam vitamin dan mineral.

Tak hanya itu, ada kandungan karbohidrat, protein, dan sedikit lemak yang turut melengkapi nutrisi cabe.

Berikut adalah kandungan gizi yang ada di dalam 100 gram (g) cabe merah segar:

  • Air: 90,9 g
  • Energi: 36 kalori (Kal)
  • Protein: 1 g
  • Lemak: 0,3 g
  • Karbohidrat: 7,3 g
  • Serat: 1,4 g
  • Kalsium: 29 miligram (mg)
  • Fosfor: 24 mg
  • Zat besi: 0,5 mg
  • Natrium: 23 mg
  • Kalium: 272 mg
  • Seng: 0,2 mg
  • Beta-karoten: 5.800 mikrogram (mcg)
  • Niacin: 3 mg
  • Vitamin C: 18 mg

Berbagai manfaat cabe untuk kesehatan

Setelah melihat kandungan nutrisinya yang begitu beragam, ini waktunya Anda mengetahui apa saja manfaat dari cabe. Bukan sekadar pedas dan nikmat, berikut khasiat yang bisa Anda peroleh karena makan cabe:

1. Meringankan rasa sakit

Pelepasan hormon endorfin di dalam tubuh yang dirangsang oleh cabe dapat berperan sebagai pereda rasa sakit alami.

Zat capsaicin tersebut kemudian bekerja sama dengan reseptor rasa sakit. Selanjutnya, muncul sensasi panas dari cabe yang membantu ujung saraf berhenti mengirim sinyal sensasi rasa sakit.

Tak mengherankan bila saat ini juga tersedia obat oles atau krim dengan kandungan capsaicin sehingga dapat digunakan untuk membantu mengatasi nyeri sendi serta cedera.

2. Manfaat cabe untuk penurunan berat badan

Manfaat selanjutnya dari cabe adalah membantu menurunkan berat badan Anda. Ya, jika Anda berencana untuk diet, jangan lupa masukkan cabe ke dalam menu harian Anda. Ini karena zat capsaicin dalam cabe diyakini dapat membakar lemak dan energi tubuh lebih cepat.

Selain itu, penelitian dari jurnal Appetite menunjukkan bahwa asupan 2 miligram capsaicin per hari selama 12 minggu dapat membantu mengecilkan lingkar pinggang.

3. Memelihara kesehatan pencernaan

Orang-orang mengira bahwa makan cabe tidak baik untuk pencernaan. Padahal, selama tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, cabe memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan, lho!

Ketika capsaicin masuk ke dalam pencernaan, saraf-saraf yang ada di saluran pencernaan akan menghasilkan anandamide. Anandamide adalah senyawa kimia yang membantu mengurangi inflamasi alias peradangan, termasuk yang sering terjadi akibat tukak lambung serta penyakit Crohn.

4. Manfaat cabe untuk menjaga kadar gula darah

Bagi Anda yang mengidap diabetes, cabe juga memberikan manfaat berupa menjaga kadar gula darah.

Sekali lagi, ini berkat kandungan capsaicin yang terdapat di dalam cabe. Sebuah studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa capsaicin berpotensi menurunkan kadar gula darah.

Tak hanya itu, capsaicin bersifat antidiabetik dan dipercaya memberi efek positif bila dikonsumsi oleh pasien diabetes tipe 1.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Dengan kandungan vitamin B6, asam folat, kalium, dan beta-karoten yang terdapat pada cabe, Anda dapat terhindar dari serangan jantung.

Vitamin B juga dapat mengurangi kadar homosistein. Tingginya kadar homosistein dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke serta serangan jantung.

Itulah beberapa manfaat dari cabe yang baik untuk kesehatan tubuh. Saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat membeli cabe yang dijamin segar dan berkualitas. TaniHub menyediakan cabe serta kebutuhan sehari – hari seperti buah, sayur, sembako, kebutuhan masak, bumbu, telur dan unggas lainnya yang telah lulus quality control yang ketat.

TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Keberadaan TaniHub mendukung para petani untuk mendapatkan akses pasar dengan menyalurkan hasil produk pertaniannya kepada konsumen B2B (Business to Business) & B2C (Business to Consument).

Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau dari promo yang ditawarkan oleh TaniHub.

Yuk belanja sekarang!

Leave a Comment