Tips Cek Properti Saat Akan Beli Hunian

Cek properti sangat penting dilakukan ketika Anda akan membeli hunian. Terlebih jika ingin beli hunian untuk sarana investasi, maka Anda harus melakukan pengecekan secara detail terhadap properti tersebut. Kualitas bangunan bergantung pada spesifikasi bahan bangunan dan juga cara membangunnya.

Meski pada brosur rumah yang akan anda beli lewat developer terdapat spesifikasi bahan bangunan. Anda tentu tidak boleh 100% percaya pada spesifikasi tersebut. Brosur sewaktu-waktu bisa saja diubah oleh pihak developer.

Tips Cek Properti

Berikut ini beberapa tips untuk melakukan pengecekan properti hunian.

1. Cek Kualitas Bangunan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada kualitas bangunan terlebih dahulu. Apalagi untuk kategori hunian inden. Anda wajib mengetahui detail seputar ukuran rumah, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pondasi, dinding rumah, lantai sampai genteng hingga plafon.

Anda juga wajib mengetahui tinggi plafon rumah hingga sistem sirkulasi udara dan juga sanitasi. Dengan pertanyaan detail seperti ini, Anda bisa lebih mengetahui kondisi hunian yang sebenarnya.

2. Kredibilitas Developer

Kemudian setelah cek properti Anda wajib memeriksa bagaimana kredibilitas dari developer. Anda wajib melakukan pengecekan pada legalitas developer lewat situs resmi pengembang. Dengan cara tersebut Anda bisa mengetahui bagaimana reputasi dari developer.

Developer yang memiliki catatan hitam tentu tidak layak dipilih. Apalagi jika developer tersebut pernah membangun proyek yang mangkrak.

3. Lingkungan Area Hunian

Selanjutnya Anda juga wajib memastikan bagaimana lingkungan area perumahan saat akan beli properti. Pastikan kawasan hunian tersebut aman tidak hanya dari bencana alam tapi juga keributan antar warga. Tentu sangat tidak nyaman jika tinggal di daerah yang sering terjadi cekcok.

Apabila Anda menyukai ketenangan maka wajib memilih rumah yang berada di lokasi cukup jauh dari jalan besar. Karena hunian yang nyaman adalah berada di daerah yang memiliki suasana kondusif.

4. Desain Rumah

Anda juga wajib melakukan pertimbangan saat akan mengecek properti perihal desain dan konsep rumah. Kini semakin banyak perumahan yang mengusung desain arsitektur dengan konsep yang menarik salah satunya konsep minimalis. Konsep minimalis menjadi populer apalagi di kalangan anak muda karena rumah yang harganya terjangkau dengan fungsionalitas yang maksimal.

Apalagi jika Anda menyukai rumah dengan estetika tinggi maka wajib mengetahui bagaimana desain rumah yang akan dibeli. Anda bisa melakukan perbandingan antara developer 1 dan lainnya untuk menemukan rumah dengan desain yang cocok dan sesuai kebutuhan.

5. Pertimbangan Prospek

Jika hunian bukan digunakan untuk tempat tinggal melainkan sebagai sarana properti maka wajib memilih lokasi yang tepat. Paling tidak Anda bisa memilih lokasi hunian di tengah kota dengan fasilitas publik yang memadai. Namun hal ini akan membutuhkan biaya atau dana yang besar.

Solusi lainnya Anda bisa membeli rumah di area pinggiran kota namun kawasannya sangat prospektif di masa depan. Hal tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan rumah dengan harga terjangkau, namun harganya akan terus naik seiring perkembangan daerah tersebut dari tahun ke tahun.

Itu tadi beberapa tips cek properti yang bisa anda lakukan saat akan beli hunian untuk tempat tinggal maupun sarana investasi. Anda juga bisa melakukan penilaian visual pada rumah yang akan dibeli lewat Sejasa.

Anda bisa memanfaatkan menu Home Inspection untuk membantu memberikan gambaran kualitas rumah apakah ada yang mengalami kerusakan atau tidak atau perlukah dilakukan renovasi atau tidak. Informasi selengkapnya bisa langsung mengunjungi Sejasa.com.

Leave a Comment